Senin, 15 April 2013




KATA PENGANTAR
            Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT , karena berkat rahmat izin dan petunjuknya penulis mampu menyelesaikan laporan biologi ini tepat pada waktunya.
             Laporan ini penulis buat untuk memenuhi syarat dalam melaksanakan praktik biologi dan menjadi pembelajaran bagi kita semua agar kita selalu mengetahui system pencernaan manusia.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih mempunyai beberapa kekurangan.Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca dan pemerhati IPA Biologi demi perbaikan dan kemaslahatan laporan ini.
Semoga makalah ini bermanfaat dalam upaya menambah pengetahuan kita terhadap
Bahaya asap rokok terhadap tubuh kita.

  Bontomarannu, 15 April 2013


                                                                                                                            Penulis

PENDAHULUAN

Uji Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru - Paru

A.     Latar Belakang
Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok.
Oleh karena itu, kami melakukan pengujian untuk mengetahui bagaimana bahaya asap rokok terhadap paru – paru.

B.     Tujuan Penelitian
  Megetahui efek Asap rokok terhadap paru – paru dengan menggunakan
alat sederhana.
PEMBAHASAN
A.  Alat & Bahan:
1. pipa U
2. pipet/jus
3. Korek api
4. kapas
5. pompa pengisap
6. rokok yang memiliki filter
B. Cara Kerja:
1.      Tempatkan rokok filter pada ujung pipet/jus didalam pipa U yang sudah terisi kapas. Lalu bakar rokok tersebut dengan menggunakan korek  api.

2.      Tekanlah pompa pengisap sehingga rokok terbakar dan mengeluarkan asap. Tekan terus pompa pengisap tersebut sehingga rokok menyisakan sedikit puntung.

3.      Ambilah kapas dari pipa U dengan menggunakan pinset. Catatlah perubahan yang terjadi.




METODE PENELITIAN

 Proses Pengamatan :
            Pada percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan Rokok sigaret filter yang bermerek rokok surya menghasilkan warnah kapas yang bermula berwarnah putih berubah menjadi kecoklatan hal itu merupakan bukti bahwa pada asap rokok terkandung zat yaitu TAR dan pada percobaan pertama memiliki keasaman pH4.
PENUTUP

Kesimpulan :
Dari hasil percobaan yang kami lakukan maka kami mengambil kesimpulan bahwa
Merokok dapat menyebabkan paru – paru menjadi rusak, seperti yang terjadi pada percobaan untuk menguji bahaya asap rokok terhadap paru – paru, dimana kapas yang awalnya berwarnah putih bersih berubah menjadi Kecoklatan, hal itu terjadi karena keberadaan Zat yang terkandung pada rokok yaitu Tar.
Disamping itu berbagai penyakit akan menyerang bagi perokok karena pada asap rokok terkandung zat yang berbahaya yaitu Tar, karbonmonoksida (CO), Nikotin dan CO2 .Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok.


Dokumentasi Praktek






Tidak ada komentar:

Posting Komentar